Ternyata Begini Cerita Kesuksesan Amazon Dalam Mengolah Database Pelanggan

Ternyata Begini Cerita Kesuksesan Amazon Dalam Mengolah Database Pelanggan

Hallo..
Bagaimana kabar anda hari ini?

Semoga dihariĀ yang cerah ini dapat memberikan semangat untuk kita semua dalam menjalankan ibadah puasa maupun melakukan aktivitas lainnya..

Oiya saya sangat bersemangat sekali pada pagi hari ini untuk memberikan sebuah penjelasan tentang pentingnya pelanggan loyal pada kita selaku pebisnis..

Sekarang mari kita bahas bersama pentingnya pelanggan yang loyal terhadap bisnis yang kita kelola…

Pada dasarnya pelanggan adalah aset terbesar dalam bisnis. Semakin banyak jumlah pelanggan loyal yang kita miliki maka akan semakin baik untuk bisnis. Dengan adanya database pelanggan, akan mempermudah kita selaku pebisnis untuk melakukan kegiatan promosi sebuah produk baru dibandingkan kita harus mencari pelanggan baru.

Hal ini dikarenakan para pelanggan lama telah merasa puas sehingga lebih mudah untuk mempromosikan produk baru terhadap mereka, disamping itu biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, sehingga kita dapat melakukan penghematan biaya terhadap sebuah promosi produk baru. Oleh karena itu penting tidak penting dalam sebuah usaha database pelanggan sangat dibutuhkan.

Peran Dominan Database Pelanggan

Database pelanggan sangat berperan dominan, bahkan merupakan kebutuhan pertama sebelum pengelolaan pelanggan dilakukan. Dengan database kita bisa melakukan beberapa hal dan ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli.

Untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli, kita bisa memberi informasi-informasi terkini seputar produk yang dijual. Fasilitas yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Potensi nilai konversi yang bisa didapatkan dari email pun dapat dikatakan besar.

Lalu data pelanggan apa saja yang kita butuhkan?

Dua hal paling minimal yang harus kita butuhkan antara lain Nama dan Nomer WA, dengan begitu ketika kita ingin berkomunikasi dengan pelanggan, kita bisa menelpon atau pun sekedar melakukan mengirim pesan kepada pelanggan kita, bahkan jika kita memiliki data pelanggan semakin lengkap akan semakin lebih baik, misalnya saja kita memiliki datanya berupa Akun Media Sosial , Alamat Email, dan sebagainya.

Berikut beberapa penjelasan yang ingin saya sampaikan, yaitu cara mendapatkan database dari pelanggan:

  • Menjaring Melalui Social Media

Social media sekarang merupakan media yang wajin dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Bagaimana mendapatkan database dari media sosial?

Pada awalnya harus membangun interaksi yang baik dahulu, kemudian anda membagikan berbagai hal yang bermanfaat dan membangun ikatan dengan fans atau followers anda di media sosial. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena dengan adanya media social dapat mempermudah kita untuk berinteraksi secara langsung terhadap orang-orang yang tertarik dengan hal yang kita tawarkan atau sampaikan.

Setelah semua itu terlaksana, maka anda baru bisa mendapatkan database dari social media dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat tapi dengan syarat memberikan database untuk pengiriman file tersebut. Sistem ini mirip dengan email subscription.

  • Pengumpulan Data Saat Pameran

Pameran adalah tempat yang berpotensi untuk mendapatkan data calon pelanggan. Anda bisa meminta pengunjung pameran untuk mengisi buku tamu. Agar pengunjung mau mengisi buku tamu, anda harus memberikan hadiah berupa souvenir yang menarik. Anda juga bisa melakukan undian berhadiah kepada pengunjung yang memasukan kupon berisi biodata ke kotak pengundian.

  • Melakukan Sebuah Survey

Teknik survei harus ditentukan agar para surveyor tidak asal jalan saja atau mengisi data dengan sembarangan. Saat melakukan survei, kita sebisa mungkin melakukan dengan dua cara yang dibedakan dari sumber daya manusianya.

– Pertama, Anda bisa menggunakan tenaga outsource surveyour.
– Kedua, Anda bisa langsung menurunkan tim sales untuk melakukan survei.

Oleh karena itu, kemenangan persaingan dimasa mendatang akan sangat bergantung kepada kekuatan customer database yang dibangun oleh para pelaku bisnis. Para pelaku bisnis yang memiliki customer database yang baik, akan memiliki peluang untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pelanggan secara dramatis. Mereka berpeluang lebih besar dalam menciptakan loyalitas pelanggan dan sekaligus melakukan cross-selling.

Sekarang Perusahaan besar sekelas Amazon ternyata sudah membangun ini tanpa disadari oleh masyarakat umum..

Begini Cerita Kesuksesan Amazon Dalam Mengolah Database Pelanggan.

Amazon.com merupakan salah satu bentuk contoh perusahaan masa depan. Mereka memanfaatkan teknologi internet untuk membangun customer database dan komunikasi dengan para pelanggannya. Dalam survei American Customer Satisfaction Index (ACSI), perusahaan ini selalu mendapatkan skor jauh diatas rata-rata perusahaan lainnya. Mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan individu-individu dengan sangat efektif.

Pelanggan puas karena mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan harapannya. Mengapa demikian?

Karena Amazon selalu belajar dari kekurangan sebelumnya, dan tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kalinya. Mereka mengerti apa yang menjadi kebutuhkan pelanggan dari perilaku transaksi dimasa lalu.

Semoga saja hasil penulisan artikel kali ini dapat membantu anda untuk lebih teliti dalam mengumpulkan database pelanggan anda, Miliki sebanyak-banyaknya database pelanggan.

Ngomong-ngomong tentang bagaimana cara membangun database yang begitu sulit seperti yang ada pada tulisan diatas, saya mempunyai solusi untuk anda agar tetap dapat membangun database tetapi dengan cepat, mudah dan tepat sasaran tentunya..

Saya menamakan ini Business Finder..

Apa Business Finder ini?

Business Finder merupakan sebuah software yang dapat membantu kita menemukan calon pembeli yang tepat, cepat, dan mudah…

Saya sendiri sudah mempraktekannya sendiri, dan selama saya berbisnis online baru kali ini saya mendapatkan banyak database konsumen dengan cepat, dan tepat..

Dengan Business Finder ini, anda tidak akan kesulitan lagi untuk menemukan calon pembeli yang anda inginkan…

Selain itu, di dalam Business Finder juga sudah tersedia fitur email sender berupa autoresponder yang akan sangat berguna untuk mengirimkan penawaran atau offer kepada mereka calon pembeli yang sudah kita dapatkan dengan software ini secara langsung..

Dan tidak hanya itu saja..
Business Finder juga terdapat fitur landing page manager, yang artinya anda dapat membuat sebuah halaman penawaran yang ditunjukan kepada konsumen anda tanpa harus memiliki DOMAIN dan HOSTING sekalipun..

Bagaimana?
Tertarik kan?

Business Finder ini merupakan software All in One, karena sangat lengkap untuk kebutuhan anda dalam membangun database sebanyak-banyaknya dengan mudah, cepat dan tentunya cepat..

Sekarang anda dapat menemukan siapapun dan dimanapun calon pembeli yang anda inginkan, kemudian anda bisa langsung mengirimkan penawaran atau offer kepada mereka, dan anda juga dapat membuat sebuah halaman penawaran secara langsung di dalam 1 dasboard..

Yaa di dalam Business Finder ini anda dapat melakukannya dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus memikirkan hal yang lainnya..

PESAN BUSINESS FINDER SEKARANG JUGA DISINI: www.arifiantorahardi.com/businessfinder

Untuk hari ini ada Diskon khusus sebesar 50% dari saya untuk anda, anda dapat menggunakan kode diskon RAMADHANBERKAH untuk mendapatkan potongan dari harga normalnya..

Semoga dibulan yang penuh dengan keberkahan ini, anda mendapatkan keberkahan karena mendapatkan calon pembeli yang tepat untuk produk yang anda jual…

Dari Sahabat Bisnismu,
Arifianto Rahardi